Sabtu, 04 Juli 2015

6 Cara Sehat Agar Tetap Bugar & Fit Saat Berpuasa

cara sehat bugar dan fit
6 Cara Sehat Agar Tetap Bugar & Fit Saat Berpuasa - Di bulan puasa ini, Anda mengalami beberapa perubahan pola makan termasuk pola tubuh. Bila biasanya Anda bebas mengonsumsi banyak makanan tanpa jadwal yang teratur, maka di bulan puasa ini jam makan Anda berkisar pada saat sahur dan berbuka. Selain itu, jam istirahat Anda juga terganggu sebab Anda harus bangun untuk sahur. Belum lagi dengan sistem pencernaan yang berhenti sejenak karena puasa. tentu saja perubahan-perubahan tersebut berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang belum terbiasa, maka kesehatan Anda bisa terganggu.

Oleh karena itu berikut adalah beberapa rahasia sehat yang bisa Anda terapkan saat bulan puasa agar tubuh fit dan segar.

1.
Pilih makanan berserat saat sahur

Salah satu rahasia agar Anda kuat dalam menjalani puasa adalah pilihlah menu makanan berserat dan berprotein tinggi. Sebaliknya, hindari mengonsumsi makanan manis saat sahur sebab akan membuat Anda merasa cepat lapar di siang hari.

2.
Konsumsi makanan manis untuk buka

Jika saat sahur Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan manis, maka saat buka konsumsilah makanan manis. Sebab zat gula akan mengembalikan energi Anda yang hilang saat puasa. Hindari minum minuman dingin dan bersoda sebab minuman tersebut akan mengganggu kinerja sistem pencernaan.

3.
Jangan langsung makan besar saat buka

Saat berbuka, sebaiknya jangan langsung makan besar. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan Anda bisa kaget dan akhirnya terjadi gangguan pencernaan seperti kembung atau kram perut. Sebaiknya saat buka awali dengan mengonsumsi makanan manis dan hangat. Setelah salat maghrib bisa Anda lanjutkan dengan makan makanan besar.

4.
Tetap olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk malas berolahraga. Memang Anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti biasanya. Namun tidak ada salahnya jika saat puasa Anda melakukan ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil. Kegiatan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah Anda agar Anda tidak mudah lemas.

5.
Hindari mengonsumsi makanan instan

Makanan instan biasanya banyak dipilih sebagai menu sahur sebab tidak ribet dan gampang cara membuatnya. Namun kandungan bahan kimia di dalamnya membuat makanan ini sulit untuk dicerna sehingga menghabiskan banyak energi yang membuat Anda cepat lemas.

6.
Kurangi makanan berlemak

Saat sahur hindari mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, atau berkuah santan sebab makanan ini terlalu berat untuk dicerna dan menyebabkan tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan.

Itulah serangkaian rahasia sehat yang bisa Anda coba agar tubuh tetap fit dan segar saat puasa. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar